Macroeconomics policy – Kebijakan ekonomi makro
Kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam menerapkan tujuan umum ekonomi secara keseluruhan dan menggunakan alat pengawasan dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan, seperti : pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja, pencegahan inflasi, kebijakan fiscal, keseimbangan neraca pembayaran, dll.
Macroeconomics – Ilmu ekonomi makro
Bagian dari ekonomi teori yang membahas atau meninjau masalah ekonomi secara menyeluruh. Misalnya untuk mengetahui kemakmuran suatu negara, dipelajari besarnya produksi masyarakat brutonya, pendapatan nasionalnya berikut indeks harga, jumlah uang yang beredar, pengaruh pengeluaran pemerintah, dll.
Macro-environment – Lingkungan makro
Lingkungan yang terdiri atas berbagai kekuatan dan kesatuan yang bersifat eksternal yang mampu mempengaruhi sistem pemasarn secara langsung, misalnya keadaan perekonomian, kebijakan pemerintah, teknologi, dan kebudayaan.
Main commodity – Komoditi utama
1. Produk unggulan suatu daerah atau negara, seperti migas, the, kopi, emas, dan sebagainya.
2. Produk yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari, yang apabila berubah harganya, indeks biaya hidup dan indeks harga sembako ikut terpengaruh, seperti : beras, tepung terigu, gula pasir, dan tekstil kasar.
Main export commodities – Komoditi ekspor utama
Barang-barang yang hasil ekspornya berperan penting dalam penerimaan devisa dan memengaruhi indeks biaya hidup.
Maintenance department – Bagian pemeliharaan
Bagian perusahaan yang bertugas merawat peralatan/alat-alat produksi agar dalam keadaan baik dan siap pakai.
Management – Manajemen
1. Proses penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran atau proses menggerakkan tenaga manusia, modal dan peralatan lainnya secara terpadu untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Pimpinan yang bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan atau organisasi.
Management accounting – Akuntansi manajemen
Bagian akuntansi yang fungsinya menyediakan informasi bagi manajemen (manajer) dengan tujuan memecahkan permasalahan khusus yang dihadapi organisasi usaha, biasanya disajikan secara bulanan atau bahkan mingguan.
Management appraisal – Penilaian manajemen
Penelaahan kemampuan sponsor dan tenaga pimpinan, baik yang sudah dimasukkan ataupun yang hendak dimasukkan dalam dalam melaksanakan proyek, menjalankan usaha, dan mempertahankan keberlangsungan proyek tersebut.
Management audit – Audit manajemen
Pemeriksaan berbagai kegiatan manajemen dalam rangka menilai dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan metode dan pelaksanaan berbagai aktivitas. Untuk memperoleh manfaat maksimal, pemeriksaan ini ditekankan pada operasi yang sudah berjalan.
Management buy out – Pembelian oleh manajemen
Pembelian suatu (bagian) perusahaan oleh pihak manajemen.
Management information system – Sistem informasi manajemen
Pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data untuk keperluan pelaksanaan fungsi manajemen, terutama untuk dijadikan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.
Management ratio – Perbandingan manajemen
Perbandingan jumlah pemimpin dengan jumlah karyawan yang dibawahinya.
Manager – Manajer
1. Orang yang mengatur pekerjaan atau kerja sama dengan orang atau pihak yang berkompeten untuk mencapai sasaran.
2. orang yang berwenang dan bertanggung jawab dalam membuat rencana, mengatur, memimpin, dan mengendalikan perusahaan sehingga mencapai sasaran yang direncanakan.
Managerial – Manajerial
Segala kegiatan yang berhubungan dengan manajer.
Managerial accounting – Akunting manajerial
Bidang akuntansi yang memasok manajemen dengan informasi kuantitatif sebagai dasar bagi pembuatan keputusan, yang dalam beberapa pandangan merupakan bantuan yang direncanakan untuk menganalisis perbedaan alternatif yang ada sebagai dasar untuk membuat rekomendasi yang terbaik.
Managerial approach – Pendekatan manajerial
Istilah dalam pemasaran, yaitu metode pendekatan yang pokok pangkalnya terletak pada sudut pandang ekonomi perusahaan, misalnya permodalan, administrasi, kebijakan pengambilan keputusan, dan lain-lain.
Manifest – Manifes
Daftar isi muatan yang memuat jumlah merk dan nomor barang muatan, nama pengirim, serta alamat yang dituju.
Manpower – Tenaga manusia
Tenaga yang dihasilkan oleh manusia yang merupakan faktor produksi yang diperlukan dalam kegiatan perusahaan.
Manufacture – Manufaktur
1. Membuat atau menghasilkan dengan tangan atau mesin.
2. Proses yang dilakukan untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi sehingga sampai ke tangan konsumen.
Manufacturing – Manufakturing
Hal-hal yang berhubungan dengan manufaktur; usaha manufaktur.
Manufacturing industry – Industri manufaktur
Industri pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi.
Margin – Margin
1. Laba bruto.
2. Tingkat selisih antara biaya produksi dan harga jual di pasar.
3. Deposit yang dibayarkan oleh investor kepada makelar sebagai bagian dari pembayaran saham atau komoditi.
Marginal analysis – Analisa marginal
Analisis mengenai perubahan jumlah sehubungan dengan adanya perubahan faktor variabel tertentu dengan satu satuan atau analisis dengan menggunakan ratio antara perubahan jumlah sesuatu dan satuan lainnya sebagai patokan bagi suatu pilihan.
Marginal cost – Biaya marginal
Kenaikan biaya total akibat adanya produksi tambahan suatu unit output. Karena tambahan suatu unit output tidak mempengaruhi (menambah atau mengurangi) biaya tetap total (total fixed cost – TFC), sedangkan total cost = TC (biaya total) TFC + TVC (total variable cost), kenaikan TC ini sama dengan kenaikan TVC akibat adanya produksi 1 unit output tambahan.
Marginal cost pricing – Penetapan harga biaya marginal
Harga penjualan yang telah ditetapkan sama dengan biaya marginal, dalam semua produksi, dapat terjual habis; metode pemasangan harga suatu produk berdasarkan kontribusi yang dibutuhkan dalam upaya mencapai posisi titik impas/tingkat laba yang telah ditargetkan.
Marginal deposit – Deposito marginal
Uang yang diterima bank sebagai jaminan seperti dalam penukaran surat kredit (L/C) dalam negeri dan luar negeri yang biasanya diperhitungkan ketika transaksi yang dibuat telah selesai.
Marginal efficiency of capital – Efisiensi marginal modal
Hubungan antara hasil yang diharapkan dari benda modal dan harga pembelian atau biaya penggantinya.
Marginal income – Pendapatan marginal
Kelebihan penjualan atas pengeluaran biaya-biaya variabel terkait; jumlah keselurahan penerimaan penjualan dikurangi jumlah biaya produksi variabel.
Marginal product – Produk marginal
Tambahan produk sebagai hasil tambahan satu satuan produksi variabel tertentu pada saat faktor-faktor produksi lainnya tetap.
Marginal utility – Kegunaan marginal
Tambahan yang diperoleh dengan cara menggunakan satu satuan tambahan barang atau jasa yang bersangkutan.
Marginalism – Marginalisme
Perumusan syarat-syarat keseimbangan dalam pengertian yang berhubungan dengan satuan-satuan marginal atau satuan-satuan batas.
Marginalization – Marginalisasi
Usaha membatasi/pembatasan.
Market – Pasar
Tempat terjadinya penawaran dan permintaan antara penjual yang ingin menukarkan barang-barangnya dengan uang dan pembeli yang ingin menukarkan uangnya dengan barang/jasa. Dalam pengertian yang sederhana, pasar sering dihubungkan dengan hal-hal yang khusus, seperti tempat, waktu, sifat, dan lain-lain.
Market analysis – Analisa pasar
Analisis tentang potensi, lokasi, sifat, dan ciri pasar.
Market conduct – Perilaku pasar
Menurut C&B: hal-hal yang dikerjakan perusahaan yang kapasitasnya sebagai pemasok (dan pembeli) barang dan jasa.
Market index – Indeks pasar
Ukuran untuk mengukur berbagai kesempatan dalam penjualan di daerah-daerah yang berbeda.
Market price – Harga pasar atau harga keseimbangan
Terbentuknya harga karena adanya keseimbangan antara penawaran dan permintaan, yang dalam mencapai harga keseimbangan ini, jumlah barang yang dijual mencapai jumlah maksimum. Pada keseimbangan ini, kurva penawaran berpotongan dengan kurva permintaan pada suatu titik keseimbangan.
Market share – Posisi pasar
Proporsi total output atau penjualan pasar yang dimiliki suatu perusahaan.
Market segment – Segmen pasar
Bagian dari keseluruhan permintaan barang yang mencerminkan suatu golongan konsumen menurut ciri khasnya, seperti: status sosial, tingkat pendapatan, umur, jenis kelamin, pendidikan, dan sebagainya.
Market value – Nilai pasar
Harga barang/surat berharga berdasarkan catatan pasar pada kurun waktu tertentu.
Marketable securities – Surat-surat berharga
1. Bukti-bukti penyertaan modal.
2. Surat-surat bernilai uang yang dapat diperjualbelikan atau digunakan sebagai agunan saham.
Marketing – Pemasaran
Proses penyaluran barang dari produsen ke konsumen.
Marketing audit – Audit pemasaran
Audit yang dilakukan dalam rangka menemukan upaya perbaikan efektivitas kegiatan pemasaran.
Marketing cost allocation – Alokasi biaya pemasaran
Penjatahan dana untuk kegiatan pemasaran meliputi penawaran produk, penentuan kelompok pelanggan, dan daerah penjualan.
Marketing strategy – Strategi pemasaran
Pengendalian perubahan faktor pemasaran dengan memperhatikan berbagai faktor eksternal kekuasaan perusahaan dalam rngka mencapai tujuan perusahaan melalui kepuasan konsumen.
Mass production – Produksi secara besar-besaran
Produksi barang secara besar-besaran yang dihasilkan oleh perusahaan industri dengan cara menggunakan produksi pada modal berantai. Hal ini dilakukan untuk mencapai keuntungan dari efisiensi mesin yang bertambah serta pembagian kerja maupun standarisasi produk yang bersangkutan dan peraihan keuntungan karena keleluasaan produksi.
Material goods – Barang konkrit
Alat pemuas kebutuhan berupa zat/benda yang dapat diraba/dilihat. Misalnya: makanan, pakaian, dll.
Microeconomics – Ilmu ekonomi mikro
Bagian dari ekonomi teori (analysis economic) yang secara khusu meninjau atau menelaah masalah ekonomi rumah tangga tertentu. Misalnya mempelajari pasar perusahaan dan lain-lainnya; ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku subyek dan barang ekonomi secara individual dalam hubungannya dengan perkembangan harga barang dan faktor produksi tingkat upah penghasilan dan laba perusahaan.
Mixed accounts – Perkiraan campuran
1. Perkiraan yang saldonya meliputi unsur perkiraan murni dan perkiraan laba rugi.
2. Rekening (perkiraan) yang melibatkan elemen suatu rekening real maupun rekening nominal. Misalnya: rekening perdagangan barang, rekening pembayaran di muka yang belum disesuaikan.
Monetary equilibrium – Keseimbangan moneter
Keadaan dalam bidang moneter, yaitu perubahan faktor ekonomi yang menambah jumlah uang yang beredar diimbangi oleh perubahan faktor ekonomi lainnya yang mengurangi jumlah uang beredar, misalnya kelebihan ekspor diimbangi oleh kelbihan tabungan swasta daripada investasi.
Monetary policy – Kebijakan moneter
Kebijakan pemerintah dalam mengatur jumlah uang yang beredar dalam masyarakat atau untuk menjaga keseimbangan moneter dan kestabilan nilai uang, mendorong kelancaran produksi dan pembangunan, serta memperluas kesempatan kerja dalam rangka meningkatkan kemakmuran bagi rakyat.
Monetary reserves – Cadangan moneter
Jumlah emas/perak dan atau uang emas dan uang perak serta uang asing yang dapat ditukarkan dan dikuasai otoritas moneter dan bank umum, sebagai cadangan bagi perluasaan kredit, uang yang beredar, dan neraca pembayaran.
Monetary standard – Standar moneter
Dasar satuan uang dalam sistem moneter yang berfungsi sebagai alat pembayaran pengukur nilai, dan pengendali jumlah uang yang beredar.
Monetary system – Sistem moneter
Ketentuan yang menetapkan gerak dan tindakan yang memengaruhi interaksi faktor-faktor moneter dalam suatu negara. Otoritas sistem moneter di negara Indonesia terdiri atas Bank Indonesia, pemerintah pusat, dan bank-bank umum.
Monetary unit – Satuan hitung uang
Satuan hitung dalam sistem moneter, untuk menyatakan nilai uang, seperti: Rupiah Indonesia, Dollar AS, Yen Jepang, dll.
Money – Uang
Alat penukar atau alat standar mengukur nilai yang sah, yang dikeluarkan oleh pemerintah disetiap negara, berupa kertas dan logam yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertenu.
Money changer – Pedagang valuta asing
Perusahaan nonbank devisa yang memperoleh izin dari Bank Indonesia untuk memperjualbelikan valuta asing, seperti: uang kertas bank, uang logam, cek bank, dan cek bepergian. Sekalipun demikian, perusahaan tersebut tidak boleh melakukan pengiriman uang dan menagih sendiri ke luar negeri.
Money flow – Arus uang
Arus pembayaran uang sebagai balas jasa dari barang dan jasa yang diterimanya dari pembeli kepada penjual.
Money supply – Penawaran uang
Kewajiban moneter terhadap masyarakat yang berada di luar sistem moneter dan saldo giro atas nama para pihak nonanggota sistem moneter.
Money value – Nilai uang
Uang yang mempunyai tiga nilai, yaitu:
a. Nilai intrinsik adalah nilai bahan uang
b. Nilai nominal adalah nilai yang tertulis pada tiap-tiap mata uang.
c. Nilai tukar adalah sejumlah barang yang dapat ditukar dengan sejumlah uang.
Monopolistic competition – Persaingan monopolistic
Dalam pasar terdapat banyak produsen (pemasok), tetapi ada unsure diferensiasi produk (perbedaan merk, kemasan, dan sebagainya) dan diferensiasi produk tersebut menunjukkan adanya kemampuan produsen yang bersangkutan untuk mempengaruhi harga jual produknya. Tidak adanya homogenitas produk merupakan unsur pokok yang membedakan pasar persaingan monopolistik dan bukan aspek jumlah perusahaan yang ada dalam pasar maupun aspek kebebasan bagi perusahaan baru untuk memasuki pasar.
Monopoly – Monopoli
Jenis struktur pasar yang di dalamnya terdapat satu kekuatan penawaran sehingga monopoli tersebut bisa menjalankan politik harga dan menentukan jumlah barang yang harus dipasarkan.
Monopsony – Monopsoni
Keadaan pasar barang-barang tertentu yang permintaannya dikuasai oleh seorang atau sekelompok kecil pembeli, yang secara bersatu menguasai atau menentukan tingkat harga atau jumlah pengeluaran barang/jasa.
Moratium – Moratium
Penundaan waktu jatuh tempo wesel atau utang-utang lain yang ditetapkan secara umum oleh pemerintah dalam keadaan darurat.
Mortgage – Hipotik
1. Pemberian kredit dengan jaminan benda tidak bergerak.
2. Hak tanggungan atas barang tidak bergerak dan atau kapal berukuran 20M kubik atau lebih. Dalam hal ini, barang jaminan tetap dimiliki dan dikuasai debitur.
3. surat pernyataan utang jangka panjang yang berisi ketentuan bahwa kreditor dapat memindahkan sebagian atau seluruh hak tagihannya kepada pihak ketiga.
Multinational corporation – Perusahaan multinasional
Perusahaan raksasa yang memiliki kegiatan usaha di berbagai negara di dunia, baik dalam bidang produksi maupun bidang pemasaran.
Multiple budget – Anggaran bersambung
Anggaran yang mencakup dua atau lebih jangka waktu yang bersambung setiap satu jangka waktu tertentu.
Multiple exchange rate – Kurs devisa beraneka
Penetapan kurs devisa yang berbeda-beda untuk berbagai penggunaan, antara lain: golongan barang impor dan golongan wisatawan.
Multiple posting – Pembukuan beruntun
Cara pembukuan beberapa transaksi pada satu perkiraan secara berurutan dan dilakukan secara sekaligus.
Multiplier – Rasio rambat
Angka perbandinganantara perubahan jumlah pendapatan nasional dan perubahan jumlah investasi, yang menunjukkan daya ganda perusahaan investasi tersebut.
Thursday, January 15, 2009
Posted by
Wahyu
at
1/15/2009 11:23:00 PM
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 comments:
Post a Comment